11 Penyakit-Penyakit Mematikan Di Dunia


10 PENYAKIT PALING MEMATIKAN DI DUNIA


1. AIDS (Acquired Immune Deficieny syndrome):


Penyakit ini termasuk penyakit pembunuh utama di dunia, karena penyakit ini menyerang sistem kekebalan tubuh. Penyakit ini penularannya sangat cepat terutama di negara berkembang.


2. Autoimun: 

Penyakit ini terjadi apabila sistem imunitas tubuh berlebihan sehingga tidak bisa membedakan virus atau kuman dengan sel tubuh manusia, ia menyerang tubuh sendiri. Jadi penyakit ini berbanding berbalik dengan penyakit AIDS, yaitu pada penderita AIDS kekurangan daya tahan tubuh sedang penderita autoimun justru berlebihan.





3. Flu burung: 

Tubuh manusia tidak memiliki kekebalan terhadap virus flu yang dibawa oleh unggas, karenanya manusia gampang sekali tertular virus ini.







4. Virus MERS 


memang mirip sekali dengan virus SARS, yang menjadi wabah global pada tahun 2003 lalu, dan menewaskan hingga 800 orang. Virus SARS dan MERS memang memiliki gejala yang sama seperti batuk dan pneumonia. Namun virus MERS jauh lebih mematikan, dimana ia dapat menyebar dengan sangat mudah," kata ahli epidemiologi dari Johns Hopkins Medicine, Dr. Trish Perl, dilansir laman Mail Daily.
Para ahli khawatir virus ini akan menyerang lebih banyak orang lagi di Arab Saudi, mengingat bulan ini merupakan bulan suci ramadhan bagi umat muslim di dunia, dan tentunya banyak umat muslim yang akan mengunjungi Arab Saudi, apakah untuk umroh maupun ziarah. Kasus MERS saat ini telah ditemukan di Yordania, Qatar, Uni Emirat Arab, Inggris, Perancis, Jerman, Italia dan Tunisia.

"Kami memerlukan lebih banyak informasi dari negara lain, untuk menemukan bagaimana cara mengobati pasien yang terjangkit virus Mers ini," kata Dr. Clements Wendtner. WHO akan bertemu di Kairo, Mesir bulan ini untuk membahas MERS dan potensi ancaman virus ini bagi masyarakat dunia.


5. Morgellons

Termasuk jenis penyakit kulit yang misterius, karena biasanya penderita mengeluhkan adanya parasit di bawah kulitnya yang menjadikan ia ingin menggaruk kulitnya sampai kulitnya terluka dan memiliki luka terbuka. Sebagian ahli penyakit ini disebabkan oleh faktor delusi, tetapi sebagian berpendapat penyebanya nyata.





 6. Anthrax:




Anthrax adalah penyakit mematikan serta menular yang disebabkan oleh bakteri Bacillus anthracis. Penyebaran bakteri Bacillus anthracis melalui tanah dan udara (bakteri Bacillus anthracis bersifat aerob). Di Indonesia, untuk kasus di Bogor penyebaran Anthrax terjadi karena spora Anthrax terbawa banjir. Inkubasi penderita Anthrax mula-mula kulit gatal, kemudian melepuh apabila pecah akan membentuk scab (kerak kering pada luka), disertai nyeri dan bengkak. Apabila bakteri sudah masuk ke tubuh dalam jangka waktu 24 jam, gejalanya mual, muntah darah pada anthrax usus. Pada anthrax paru-paru gejalanya batuk, sesak nafas. Sakit kepala dan kejang pada anthrax otak. Jika tidak segera diobati penderita bisa meninggal dalam waktu satu atau dua hari. Anthrax sudah dapat diobati dengan Penisilin dan turunannya.


7. E-BoLa Virus

Penyakit ini di sebabkan oleh virus Ebola (sejenis virus dari genus Ebolavirus  , familia Filoviridae) .
Seseorang yang sudah terjangkit virus ini , paling lama dapat bertahan cuma 1 minggu dan mempunyai tingkat kematian 90%  .

Gejala-gejala nya :

  • Diare
  • Muntah
  • Sakit badan
  • Pendarahan dasyat dari dalam dan di luar anus .
  • Deman tinggi .
 Cara penyebaran virus ini :
  •  Lewat cairan tubuh , seperti donor darah , melakukan hubungan di luar nikah dan lain lain .
  •  Lewat kontak langsung , seperti berjabat tangan atau sentuhan kulit  dan lain lain .
Sejarah dari penyakit ini :


Virus ini  di duga bermula dari seekor kera yang terinfeksi virus ebola kemudian menyebar ke Manusia , di duga virus ini masih berada di daratan Afrika dan kata nya sudah sampai ke filipina .
  



8. NAEGLERIA



Amoeba dengan nama naegleria fowleri ini sangat berbahaya. Untungnya saat ini baru ditemukan di kawasan Barat Daya Amerika. Amoeba ini berada di air dan apabila anda berenang di lokasi yang juga dihuni amoeba ini, maka ia akan masuk melalui hidung dan hinggap di otak anda, dan anda bisa koma karenanya.

Amoeba ini terus mengkonsumsi otak dan karenanya bisa menyebabkan kematian.


9. Malaria




Malaria adalah penyakit yang disebabkan oleh parasit bernama Plasmodium. Penyakit ini ditularkan melalui gigitan nyamuk yang terinfeksi parasit tersebut. Di dalam tubuh manusia, parasit Plasmodium akan berkembang biak di organ hati kemudian menginfeksi sel darah merah.Pasien yang terinfeksi oleh malaria akan menunjukan gejala awal menyerupai penyakit influenza, namun bila tidak diobati maka dapat terjadi komplikasi yang berujung pada kematian. 
Penyakit ini paling banyak terjadi di daerah tropis dan subtropis di mana parasit Plasmodium dapat berkembang baik begitu pula dengan vektor nyamuk Anopheles.Daerah selatan Sahara di Afrika dan Papua Nugini di Oceania merupakan tempat-tempat dengan angka kejadian malaria tertinggi.
Berdasarkan data di dunia, penyakit malaria membunuh satu anak setiap 30 detik. Sekitar 300-500 juta orang terinfeksi dan sekitar 1 juta orang meninggal karena penyakit ini setiap tahunnya, 90% kematian terjadi di Afrika, terutama pada anak-anak.


10. Cacing Pita








Cacing pita dewasa panjangnya bisa mencapai 240-300 cm. Terdiri dari bagian kepala yang memiliki kait-kait kecil dan badannya mengandung 1000 proglotid (bagian yang mengandung telur). 
Siklus hidupnya mirip cacing pita sapi, tapi babi hanya merupakan tuan rumah perantara saja. 
Manusia juga bisa berperan sebagai tuan rumah perantara, dimana telur cacing mencapai lambung bila tertelan atau bila proglotid berbalik dari usus ke lambung. Embrio lalu dilepaskan di dalam lambung dan menembus dinding usus, lalu akan sampai ke otot, organ dalam, otak dan jaringan dibawah kulit, dimana mereka membentuk kista. 

Kista yang hidup hanya menyebabkan reaksi ringan, sedangkan kista yang mati menimbulkan reaksi yang hebat.

Belum ada obat yang Mujarab untuk membunuh cacing Pita dalam Tubuh, cacing akan terus berkembang hingga menjadi desawa dan bertelur di dalam Perut, bila telah terasa penuh maka cacing akan merangkak naik ke bagian perut atas diman orrgan tubuh seperti jantung, hati, ginjal akan ikut terinfeksi bahkan sampai ke Otak.

11. Virus Hepatitis B (VHB)



Hepatitis B adalah suatu penyakit hati yang disebabkan oleh "Virus Hepatitis B" (VHB), suatu anggota famili Hepadnavirus yang dapat menyebabkan peradangan hati akut sebagian kasus dapat berlanjut menjadi sirosi hati atau kanker hati.Virus Hepatitis B merupakan bentuk Hepatitis yang lebih serius dibandingkan dengan jenis hepatitis lainnya. Penderita Hepatitis B bisa terjadi pada setiap orang dari semua golongan umur.

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan virus Hepatitis B ini terjadi :
1. Tidur terlalu malam
2. Tidak BAB di pagi hari
3. Tidak makan pagi
4. Pola makan berlebihan
5. Makan makanan mentah dan berpengawet
6. Menggunakan sikat gigi bersama orang lain

Setiap tahun sekitar 1800 orang didiagnosis menderita kanker hati dan separuh lebih adalah lelaki.

1 comment:

Created By Sora Templates