10 Sungai Terjorok di Dunia


10 Sungai Terjelek dan Terjorok di Dunia

1. Citarum river, Indonesia





2. Yamuna River, India


Sungai Yamuna adalah sungai yang sangat terpolusi dimana 58% sampah dari New Delhi, India, dibuang di sungai ini. Saking kotornya pemerintah India sudah angkat tangan dalam usahanya membersihkan sungai ini.
Data otoritas setempat, sedikitnya 3,6 miliar liter limbah industri dihasilkan di India dan hampir setengahnya dibuang langsung ke sungai-sungai yang mengalir di sekitarnya, salah satu Sungai Yamuna. 

3. Buriganga river, Bangladesh


Sungai Buriganga adalah sungai utama di samping kota Dhaka, Bangladesh. Saking kotornya sungai ini mengakibatkan banyak binatang mati didalamnya.



4. Yellow river from Lanzhou, China

Sungai Yellow River merupakan sungai terbesar kedua dan sumber air untuk jutaan penduduk di sebelah Utara China, tetapi sungai ini sudah tercemar oleh limbah industri.


5. Marilao river, Philippines



Sungai Marilao merupakan sungai yang sangat berbahaya di filipina. Air di sungai ini mengandung racun kimia dari pabrik - pabrik serta sampah - sampah yang dibuang oleh masyarakat sekitarnya. Walaupun pemerintah telah memasang peraturan denda bagi yang membuang sampah di sungai ini, tetapi masyarakat dan pabrik setempat masih saja membuang sampah dan limbahnya ke sungai ini.
6. Ganges river, India


Sungai Gangga ini adalah sungai suci bagi umat Hindu yang berasal dari karang es gangotri . Sekitar dua juta penduduk melakukan mandi ritual di sungai ini padahal air di sungai ini sudah tidak aman lagi karena tercemar oleh pembuangan kimia dan juga terdapat mayat - mayat yang mengapung di sungai ini.


7. Songhua river, China



Sungai Song hua ini terdapat di China. Di tahun 2005, sungai ini terkontaminasi dengan zat kimia bensin sehingga sungai ini sangat berbahaya untuk dikonsumsi.


8. The Mississippi river, USA



Sungai Mississippi ini adalah sumber kekayaan alam di Amerika. Sungai ini mengambil sekitar 40% dari kekayaan alam Amerika dan membawa 1.5 juta metric ton dari polusi nitrogen ke Lautan Gulf Mexico setiap tahunnya.

9. The Sarno river, Italy


Sungai Sarno adalah sungai yang melewati Pompeii sampai ke kota Naple, sungai ini termasuk sungai yang terpolusi di benua Eropa yang kebanyakan adalah limbah dari agrikultur dan industri setempat.

10. Sungai King Australia


Sungai King ini terpolusi karena penambangan di sekitarnya. Sekitar 1.5 juta ton sulfidic menuju ke sungai tersebut setiap tahun nya semenjak tahun 1995 dan sampai sekarang sudah sekitar 100 juta ton. Dari luar secara kasat mata, sungai ini tidaklah begitu kotor, akan tetapi sungai ini sebenarnya telah terkontaminasi dengan limbah.

1 comment:

  1. ternyata salah satu sungai di indonesia termasuk kedalam sungai terjorok di dunia ya gan ..

    ReplyDelete

Created By Sora Templates