Merawat Burung Merpati

CARA MERAWAT BURUNG MERPATI

CARA MERAWAT: 




ini hanya sekedar berbagi pengalaman dimana saya merawat merpati sehari-hari, secara rutin burung tiap pagi apabila cuaca baik (matahari terang) burung pasti saya jemur kira2 1- 2 jam, jika matahari sangat panas kita kasih lap basah kemudian masuk kandang sudah tersedia minum tanpa makanan

Kira2 jam 3 sore burung2 yang akan dimainin sudah keluar.

Untuk makanan :

1. Burung yang sedang dimaiin (karena kondisi giring) biasanya males makan, saya bantu spet pakai bubur bayi, kemudian kasih suplement Celovit-B

2.Untuk burung2 yang istirahat seperti biasa kasih makan jagung secukupnya ditambah beras merah dan tiap 3 hari sekali saya kasih madu

3.Kalau burung yang sedang ngeloloh selalu saya kasih makan extra sampai bosen

4.Setiap malem untuk burung2 yang sedang main saya kawinkan sambil melihat kondisinya



Sekali lagi ini juga hal yang saya lakukan dalam melatih burung:

Untuk burung piyikan saya selalu melatih terbang sendiri sampai kira2 sejauh 1 Km untuk mencapai jarak ini kira2 2 giringan, setelah itu saya pakai gandengan.

Kalau untuk burung yang sudah mentok, biasanya giringan awal burung saya lop sendiri2 pas giringan sudah bagus baru saya gandeng dengan lepasan mentok



Memang kata temen2 saya penakut bermain burung, tetapi saya punya pedoman dalam bermain biasanya saya patok 1Km =2 giringan, tapi ya kita tetap melihat kondisi burung dan tingkat kecerdasan serta pertimbangan cuaca.

Mungkin ini pengalaman saya , bukan merupakan patokan secara umum dan benar, hanya berbagi pengalaman

contoh merpati yang baik:

1.Pilih warna megan teles, jgn ada warna putih dipunggung, pilih muka sangar tatapan mata tajam.

2.Indukan yg bagus untuk ternak indukan yg pernah juara atau kualitas terbang,turun,style dan karakter mentalnya bagus dan pasangan betina juga yg bagus.

3.Piyik patekan bisa disebabkan kurang kebersihan krn kandang dan makanan kotor.

4.Penyakit goam memang sulit disembuhkan, coba dgn biang asem.Biasanya kalau pertama kali kita beli brg dr pasar apalagi baru datang dr jawa (besekan), setelah dirumah istirahatkan dikasih minum air campur garam.

5.Suplemen bisa dgn racikan jamu atau bcomplek dan capsul minyak ikan. Stress kenapa? apa cacingan?

6.Betina agar produktif bertelur beli dipsr brg suplemen namanya canary post untuk produktifitas daya telur merpati bentuk serbuk kuning bungkus sachet. Atau coba ganti psgan jantan lain, kalau memang tdk mau bisajadi betina mandul

7.selain itu kita juga harus menjaga kebersihan kandang merpati.



Setelah dirawat sekian Lama maka tubuh merpati akan menjadi Sintal , siap di potong di buat Merpati Asam MANIS Yang sudah terkenal, berikut resep Merpati asam Manis :




BAHAN :

2 ekor burung dara, belah 4 bagian.
1 sdm angciu.
2 sdt maizena.
2 sdm kecap asin.
2 sdm kecap manis.
1/4 sdt merica bubuk.
½ sdt soda kue
100 ml air.
Minyak secukupnya, untuk menggoreng.
1 sdm minyak untuk menumis.
1 bh paprika merah, bentuk sesuai selera.
1 bh paprika hijau, bentuk sesuai selera.
100 gr water chesnut
SAUS ASAM MANIS :
4 sdm gula pasir
2 sdm cuka hitam
1 sdm kecap manis
1 sdm saus tomat
2 sdt tepung maizena
250 ml air
3 batang daun bawang iris.
CARA MEMASAK BURUNG DARA ASAM MANIS :
1. Rendam daging burung data dengan angciu, maizena, kecap asin, kecap manis,
merica, soda kue dan air selarna 30 menit hingga bumbu meresap.
2. Panaskan minyak, goreng burung selama 5 menit, angkat biarkan minyak memanas kemabali
Dan goreng lagi selama 20 detik, angkat dan tiriskan.
SAUS:
1. Campur gula, cuka, kecap, saus tomat, maizena, air dan daun bawang hingga rata.
2. Panaskan minyak, tumis bahan saus, aduk hingga mengental. Masukkan gorengan burung,
cabai, dan water chestnut, aduk rata. Sajikan 



1 comment:

  1. artikel yang sangat bermanfaat , terimakasih informasinya ..

    ReplyDelete

Created By Sora Templates