Buah Kecipir dan Manfaatnya

Buah Kecipir  Muda






 bahan makanan yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. di kalangan masyarakat biasanya buah kecipir dipakai untuk Lalapan bersama sambal dan lauk.  saya sendiri pernah makan buah ini, yang muda rasanya renyah apalagi dalam kondisi segar paling tidak baru keluar dari lemari Es..hehe, saya makan dengan sambel terasi, sayur asem, dan Ikan Asin. 

Buah Kecipir Muda mengandung energi sebesar 35 kilokalori, protein 2,9 gram, karbohidrat 5,8 gram, lemak 0,2 gram, kalsium 63 miligram, fosfor 37 miligram, dan zat besi 0 miligram. Selain itu di dalam Buah Kecipir Muda juga terkandung vitamin A sebanyak 595 IU, vitamin B1 0,24 miligram dan vitamin C 19 miligram. Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Buah Kecipir Muda, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 96 %.

Informasi Rinci Komposisi Kandungan Nutrisi/Gizi Pada Buah Kecipir Muda :

Nama Bahan Makanan : Buah Kecipir Muda
Nama Lain / Alternatif : Kecipir (Buah Muda) 
Banyaknya Buah Kecipir Muda yang diteliti (Food Weight) = 100 gr 

  • Bagian Buah Kecipir Muda yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 96 %
  • Jumlah Kandungan Energi Buah Kecipir Muda = 35 kkal
  • Jumlah Kandungan Protein Buah Kecipir Muda = 2,9 gr
  • Jumlah Kandungan Lemak Buah Kecipir Muda = 0,2 gr
  • Jumlah Kandungan Karbohidrat Buah Kecipir Muda = 5,8 gr
  • Jumlah Kandungan Kalsium Buah Kecipir Muda = 63 mg
  • Jumlah Kandungan Fosfor Buah Kecipir Muda = 37 mg
  • Jumlah Kandungan Zat Besi Buah Kecipir Muda = 0 mg
  • Jumlah Kandungan Vitamin A Buah Kecipir Muda = 595 IU
  • Jumlah Kandungan Vitamin B1 Buah Kecipir Muda = 0,24 mg
  • Jumlah Kandungan Vitamin C Buah Kecipir Muda = 19 mg

Sumber Informasi Gizi : Berbagai publikasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia serta sumber lainnya.



3. Manfaat bagi kesehatan 

a. Pelangsing tubuh dan gairah seksual. 
Oleh masyarakat Arab, Pakistan dan China , biji kecipir dapat dijadikan obat tradisional yaitu untuk kesehatan kulit, pelangsing tubuh dan peningkat gairah seksual.

b.Obat sariawan 
Di Indonesia umbi kecipir dapat dijadikan sebagi obat sariawan dengan cara ditambah gula batu.

c.Obat kebugaran tubuh / pemulih energi 
Daun kecipir yang berwarna gelap dapat dijadikan sebagai obat pemulih energi / kebugaran tubuh.

d. Turunkan LDL , Naikkan HDL 
Selain protein, lemak biji kecipir relatif tinggi sekitar 15-20 %. Sekitar 71 % nya merupakan asam lemak tidak jenuh, terutama asam linoleat, Asam linoleat merupakan asam lemak tidak jenuh omega 6. Asam lemak omega 6 ( dari biji-bijian ) dan omega 3 ( ikan laut ) dibutuhkan untuk kesehatan tubuh yang prima. Lemak dalam kecipir terdiri atas asam lemak tak jenuh yang bermanfaat menurunkan kadar total kolesterol. Sementara lemak yang bisa meningkatkan kadar kolesterol adalah lemak jenuh yang banyak terdapat pada daging. Lemak
tak jenuh mampu menurunkan kolesterol LDL dan meningkatkan HDL. LDL disebut kolesterol jahat karena dapat menyebabkan penempelan kolesterol di dinding pembuluh darah, LDL merupakan pembawa kolesterol terbanyak, yaitu kurang lebih 60 persen dari total plasma , HDL disebut kolesterol baik, HDL dapat membersihkan kelebihan kolesterol dari dinding pembuluh darah dengan mengangkutnya kembali ke hati,
C. Macam-macam produk olahan

1. Polong muda, daun dan bunga kecipir 
Kecipir merupakan tanaman pangan multimanfaat.Hampir semua bagian tanaman ini dapat dimanfaatkan oleh kita sebagai bahan pangan setiap bagian dari tanaman ini selalu ada manfaatnya, buahnya /polong yang masih muda, bunganya dapat dijadikan sayur atau sebagai lalap , direbus atau dicampur sayuran lain sebagai sayur asam, sayur
lodeh, urap, karedok, pecel, gado-gado, ditumis atau dioseng dibuat salad atau sup. Disamping dapat dibuat sayur bunga kecipir dapat diolah menjadi bumbu, rempah-rempah, permen, dan bahan pewarna alami.

2. Biji kecipir 
Biji kacang kecipir sama dengan biji kacang kedelai atau kacang-kacangan yang lain biji dapat diolah menjadi tempe . Pembuatan tempe kacang kecipir yang dikombinasi dengan beras dapat diolah menjadi tempe yang tinggi protein.

3. Umbi kecipir 
Umbi dari kecipir rasanya agak manis, daging berwarna putih gading, berserat kokoh seperti apell tetapi bau kurang sedap , umbi ini dapat dolah sebagai bahan pangan yang kaya akan zat gizi.



DAFTAR PUSTAKA

Margono, T, Suryati, D, Hartinah, S, 1993, Buku Panduan Teknologi
Pangan, Pusat Informasi Wanita dalam Pembangunan PDII-LIPI
bekerjasama dengan Swiss Development Cooperation.

1 comment:

Created By Sora Templates