Bunga/Tumbuhan Paling Mematikan di Dunia

Bunga dapat kita temukan di mana pun di belahan dunia ini. Ketika kita pergi hiking atau piknik, di sepanjang jalan kita akan menemukan bunga – bunga dengan beragam keindahan variasi bentuk dan warna.
Namun, ada beberapa bunga-bunga yang nampaknya indah dan menarik, namun sebenarnya mematikan. Ya, tepatnya, tidak semua bunga yang tampil cantik memiliki kupu-kupu untuk hinggap di atasnya, karena beberapa bunga mengandung racun yang mematikan.
Beberapa bunga sebenarnya sangat berbahaya karena dapat membunuh orang. Walaupun tidak sampai menyebabkan kematian, namun dapat mengakibatkan gejala koma, kejang, dan berbagai jenis serangan berbahaya lainnya. Nah, mari kita simak beberapa daftar bunga yang tidak dianjurkan untuk menjadi hadiah untuk diberikan kepada orang lain :


 Castor/ Buah Jarak






Tanaman paling beracun di dunia ini, biasanya kerap ditanam sebagai tanaman hias di pekarangan-pekarangan rumah. Namun sebenarnya kandungan toksin/racun yang disebut risin, banyak terkandung dalam tanaman jenis ini. Terutama pada bagian biji/kacang-nya yang kerap dijadikan minyak jarak. Satu biji mentah cukup untuk membunuh manusia dalam dua hari. Gejala pertama yang ditimbulkan, akan dialami dalam beberapa jam seperti tenggorokan dan mulut yang terbakar, sakit perut, diare berdarah dan muntah. Proses ini terus berlanjut hingga puncaknya kematian yang disebabkan karena dehidrasi. 
Pohon Bintaro


Hampir seluruh bagian tanaman Bintaro mengandung racun cerberin. Cerberin merupakan racun yang dapat menghambat saluran ion kalsium di dalam otot jantung manusia, sehingga mengganggu detak jantung dan dapat menyebabkan kematian. Bahkan asap dari pembakaran kayunya pun dapat menyebabkan keracunan.

Rosary Pea (tanaman saga)

Tanaman Rosary pea atau Abrus precatorius adalah tanaman  berbiji yang cantik dilihat dengan perpaduan warna merah dan hitam, sehingga sering digunakan untuk perhiasan. Biji ini mengandung racun abrin dan akan berbahaya jika lapisan biji tersebut rusak atau tergores. Karenanya pembuat perhiasan lebih rentan terkena racun dibanding pemakainya. Tanaman ini bisa mencapai tinggi 20 meter dan menyebar di seluruhnegara terutama negara beriklim tropis dan sub-tropis.
Racun abrin ini lebih mematikan dibanding ricin, karena kurang dari 3 mikrogram abrin atau tidak sampai satu benih sudah cukup mematikan. Gejala keracunan yang muncul adalah sulit bernapas, demam, mual, ada cairan di paru-paru. Jika biji tersebut tertelan bisa menyebabkan mual, muntah, dehidrasi, gagal ginjal, hati dan limpa. Kematian biasanya terjadi dalam waktu 3-5 hari.

Tebu Bodoh




Tebu Bodoh adalah tanaman tropis yang merupakan salah satu tanaman paling beracun di dunia. Mengunyah pada setiap bagian dari tanaman berdaun ini menyebabkan rasa sakit di mulut dan tenggorokan, air liur berlebihan, dan dalam beberapa kasus , pembengkakan parah pada tenggorokan yang dapat menyebabkan tercekik. 


Buttercup (Ranunculus)




Walaupun tampak indah dan imut2, bunga ini dijuluki pula “the killer flower”. Tak perlu memakannya, menyentuhnya saja akan menyebabkan rasa perih disertai bekas kemerahan. Mengonsumsinya akan mengakibatkan kematian yang sangat menyakitkan.



English Yew

English Yew adalah asli Eropa, Afrika Utara dan Asia Barat Daya.Ini adalah pohon kecil yang memiliki biji tertutup dalam, lembut merah, berry seperti baju besi.
berry armor adalah bagian satunya buah yang tidak beracun dan ini memungkinkan burung untuk makan buah dan menyebar benih tanpa efek sakit.

Dibutuhkan dosis sekitar 50g untuk membunuh manusia. Gejala termasuk kesulitan bernapas, tremor otot, kejang, kolaps dan akhirnya gagal jantung. Dalam kasus-kasus keracunan yang parah, kematian berlangsung begitu cepat sehingga gejala lainnya tidak tampak.

 Pohon Strychnine


Strychnine, lebih dikenal sebagai kacang racun atau Tombol Quaker, adalah pohon berukuran sedang, asli India dan Asia Tenggara. Benih kecil di dalam pohon 'hijau mirip buah jeruk, sangat beracun, dipenuhi dengan alkaloid beracun' Strychnine dan Brucine. 30 mg racun ini cukup fatal bagi orang dewasa, dan akan menyebabkan kematian yang menyakitkan dengan kejang-kejang hebat karena stimulasi simultan dari ganglia sensoris di tulang belakang.



Rhododendron dan Azalea


Siapa tak terkesima dengan keindahan dua jenis bunga yang berkerabat dekat ini? Namun jangan tertipu dengan keindahan luarnya, tanaman ini dalamnya mengandung racun yang dapat menyebabkan kelumpuhan, koma, hingga kematian. Nama racunnya lumayan keren, andromedatoxin.

Larkspur (Delphinium)


Bunga birunya yang indah mungkin menarik hati kita untuk menanamnya di kebun kita. Namun hati2, menyentuhnya saja akan membuat iritasi pada kulit. Memakannya apalagi, dapat menyebabkan tubuh kejang2 dan kemudian mengalami kelumpuhan.
Mata Boneka


.Buahnya ini mengandung racun cardiogenik juga.Sekali makan buahnya,mungkin bisa mati dalam beberapa jam.


Belladonna



Belladonna, juga dikenal sebagai Setan berry, ceri kematian atau nightshade yang mematikan, adalah asli ke Eropa, Afrika Utara dan Asia Barat.
Ini juga merupakan salah satu tanaman dunia yang paling beracun karena mengandung alkaloid tropane, beberapa di antaranya menyebabkan mengigau dan halusinasi.
Gejala lain dari keracunan Belladonna termasuk kehilangan suara, mulut kering, sakit kepala, kesulitan bernafas dan kejang-kejang. Seluruh tanaman beracun, namun buah biasanya menjaadi risiko terbesar, karena rasanya manis dan cenderung menarik perhatian anak-anak. 10 - 20 buah bisa membunuh orang dewasa, tapi hanya perlu 1 daun (di mana racun jauh lebih terkonsentrasi) untuk membunuh seorang pria dewasa.

Anehnya, ratu Elizabeth (1500) menggunakan Belladonna sebagai bagian dari rutinitas harian kosmetiknya. Mereka menggunakan tetes terbuat dari tanaman sebagai obat tetes mata, untuk melebarkan pupil mereka, yang dianggap menarik
banyak manusia belum tahu kala itu,karena para wanita juga minum sianida, atau "bled"untuk mendapatkan warna, kulit pucat tembus, di samping melukis wajah mereka putih dengan cat disebut Cerise.



Fairy Bells (Digitalis purpurea)


Dari bentuk dan warna pinknya yang indah, tak heran bunga ini mendapat nama yang cantik. Namun jangan tertipu, tumbuhan ini mengandung racun digitoxin yang menyebabkan serangan jantung yang berujung pada kematian.


OPIUM
Opium terkenal sebagai bunga penghasil narkotika. Narkotika dari bunga ini dapat diperoleh dengan cara menyayat buahnya hingga mengeluarkan getah putih yang lengket. Setelah kering, getah tersebut akan berubah warna menjadi kecoklatan. Kandungan getah tersebut berisi campuran narkotika alami alkaloid, termasuk morfin dan kodein. Morfin adalah acetylated yang berguna untuk menghasilkan diacetylmorphine (atau lebih dikenal sebagai heroin).
Opium adalah jenis narkotika yang paling berbahaya. Kandungan ini dikonsumsi dengan cara ditelan langsung atau diminum bersama teh, kopi atau dihisap bersama rokok atau sheesha (rokok ala Timur Tengah). Pada mulanya, pengkonsumsi Opium akan merasa segar bugar, dapat berimajinasi dan berbicara, namun hal ini tidak bertahan lama. Tak lama kemudian kondisi kejiwaannya akan mengalami gangguan dan berakhir dengan tidur pulas bahkan koma. Jika seseorang ketagihan, maka Opium akan menjadi bagian yg melekat di hidupnya. Tubuhnya tidak akan mampu lagi menjalankan fungsi-fungsinya tanpa mengonsumsi Opium dalam dosis yang biasanya. Dia akan merasakan sakit yang luar biasa jika tidak bisa memperolehnya. Kesehatannya akan menurun drastis. Otot-otot si pecandu akan layu, ingatannya melemah dan nafsu makannya menurun. Kedua matanya mengalami sianosis dan berat badannya akan terus menyusut.

Gympie Gympie (Dendrocnide moroides)


Mungkin tanaman yang nampak biasa saja ini tak mematikan, namun racunnya sangatlah menyakitkan. Saksi yang selamat mengatakan rasanya seperti tersiram asam.  tak jarang korban tanaman ini memutuskan bunuh diri akibat rasa sakitnya yang tak terbayangkan.
DAPHNE 
Bunga Daphne juga dikenal dengan nama Lady Laurel atau tanaman surga. Seluruh bagian dari bunga ini beracun tapi bagian yang paling beracun terpusat pada getah dan buahnya. Daphne mengandung mezerine dan daphnin, yang merupakan racun kuat dan dapat menyebabkan sakit perut parah, sakit kepala, diarhea, dan kegilaan. Jika buah bunga daphne di konsumsi secara berlebihan, dapat menyebabkan koma bahkan kematian.

                                                          LILLY OF THE VALLEY
Lilly of the valley terlihat sangat cantik dan tampak tidak berbahaya tapi jangan tertipu dengan penampilannya. Bunga ini mirip seperti daphne yang sangat beracun. Walaupun hanya mengkonsumsi satu atau dua takaran dari bunganya yang berbentuk lonceng ini tidak akan berakibat fatal, namun apabila dimakan dalam jumlah cukup banyak dapat menyebabkan rasa sakit di mulut, muntah-muntah, keram di seluruh tubuh, dan diare. Racun di bunga ini juga dapat menyebabkan disfungsi jantung dan detak jantung melemah.
ACONITUM
Beberapa spesies Acotinum digunakan sebagai racun pada anak panah. Suku Minaro di Ladakh menggunakan Acotinum napellus untuk memburu kambing hutan jantan. Sedangkan di Jepang, suku Ainus menggunakannya untuk memburu beruang. Orang Cina juga menggunakannya untuk berburu dan perang. Jika tersentuh ujungnya akan mengakibatkan keadaan mati rasa dan perih.
ATROPE BELLA DONNA
Dikenal sebagai salah satu tumbuhan paling beracun di West Hemisphere, Belladona mengandung tropane alkoids yang berpotensi untuk membahayakan. Seluruh bagian tanaman ini berbahaya, tapi bagian yang paling berbahaya adalah pada buah nya yang sepertinya enak dimakan. Gejala yang akan terjadi dari racun bunga ini adalah pupil mata membesar, penglihatan menjadi kabur, sakit kepala, berhalusinasi dan kegilaan. Atropine adalah racun yang terkandung di dalam bunga ini yang dapat mengganggu sistem saraf dan menyebabkan gangguan pernapasan, sering berkeringat dan melehmahnya detak jantung.



White Snakeroot
Umbi Ular Putih, juga dikenal sebagai White Sanicle atau Boneset Tinggi, adalah tanaman yang sangat beracun, asli Amerika Utara.Bunga berwarna putih dan setelah mekar, biji berbulu kecil yang dihembuskan angin.Tanaman ini memiliki prosentase tinggi tremetol toksin, yang tidak membunuh manusia secara langsung, namun tidak langsung.Ketika tanaman dimakan oleh ternak, toksin diserap ke dalam susu dan daging. Ketika manusia kemudian, pada gilirannya, makan daging sapi atau minum susu, racun memasuki tubuh dan menyebabkan sesuatu yang disebut penyakit susu, yang sangat fatal.

Ribuan pemukim Eropa meninggal karena penyakit susu di Amerika pada awal abad 19.
Hal ini juga percaya bahwa ibu Abraham Lincoln, Nancy Hanks, meninggal karena penyakit susu.
CONIUM
Bunga beracun ini milik keluarga Apiaceae dan dapat ditemukan di Eropa dan bagian selatan Afrika. Salah satu spesiesnya adalah Conium maculatum yang juga disebut poison hemlock. Bunga ini berasal dari Eropa, Asia Barat dan Afrika utara. Bunga ini mengandung banyak alkaloid yang bisa sangat mematikan bagi manusia dan ternak. Salah satu contohnya adalah coniine dan sangat mirip dengan nikotin, dapat mengganggu cara kerja sistem saraf pusat. Apa yang biasanya akan terjadi dari keracunan conium adalah kelumpuhan otot dan sistem pernafasan sehingga jantung dan otak tidak mendapatkan cukup oksigen.
NERIUM OLEANDER
Oleander dikenal sebagai salah satu tanaman yang paling beracun di bumi, sering digunakan untuk bunuh diri di India Selatan. Berbagai macam racun terkandung di seluruh bagian tanaman ini, seperti Oleandrin dan neriine, yang menyebabkan gangguan sistem saraf, gangguan pencernaan, dan sistem kerja peredaran darah. Dan parahnya, semua gejala itu akan terjadi secara bersamaan. Korban akan mengalami gejala kehilangan kesadaran, tubuh bergetar, rasa sakit yang amat sangat, koma, hingga kematian. Getahnya dapat menyebabkan iritasi kulit dan kebutaan pada mata.
DATURA
Bunga Datura mengandung alkaloid yang cukup mematikan. Mereka telah digunakan selama ratusan tahun sebagai racun halusinogen. Di beberapa tempat di Eropa dan Inda, Datura digunakan untuk melakukan pembunuhan dan bunuh diri.
ANGEL`S TRUMPET
Jangan terkecoh dengan namanya yang indah, tanaman ini mengandung racun yang mematikan bagi manusia maupun hewan. Bunga ini dapat memberikan efek halusinogen yang amat kuat karena mengandung zat tropane alkaloids.
AUTUMN CROCUS
Autumn Crocus merupakan salah satu tumbuhan paling beracun di dunia. Bunga ini mengandung colchicineyang merupakan obat mematikan yang biasa digunakan untuk perawatan encok. Racun yang terkandung di dalam bunga ini sejenis dengan arsenik yang tidak ada obat penyembuhnya. Bila keracunan tanaman ini, dapat menyebabkan hilangnya tekanan darah dan penyakit jantung.(thelisticles/rei)

Windflower (Anemone remonosa)


Melihat bunga putihnya yang mungil mungkin bunga ini terlihat cocok buat dijadiin buket untuk cewek kalian. Namun yang ada kalian malah kena gampar. Soalnya menyentuhnya saja akan menyebabkan sensasi terbakar. 

0 comments:

Post a Comment

Created By Sora Templates