Jenis Burung Anis Endemik Indonesia

Anis buru 


Zoothera dumasi ) adalah spesies burung di keluarga Turdidae . Burung ini adalah endemik di pegunungan hutan hujan diPulau Buru di Indonesia . Burung ini secara tradisional kadang dijadikan satu dengan jenis termasuk Anis Seram (Zoothera joiceyi) sebagai subspesies , dalam hal ini nama umum dari 'spesies gabungan' adalah burung Anis Maluku.

Badan Anis buru berukuran agak kecil (17 cm). Tubuh bagian atas berwarna coklat zaitun yang seragam, dengan punggung bawah hitam yang melebar sampai ke dahi, sisi kepala dan leher; bintik-sayap tunggal putih; palang lebar hitam pada perut dan sisi tubuh tidak teratur; penutup ekor bawah putih.

Berkas:Buruthrush.jpg



Anis geomalia (Geomalia heinrichi) adalah spesies burung dalam famili Turdidae. Burung ini endemik di Indonesia dan hanya ditemukan di hutan primer Pulau Sulawesi di atas ketinggian 1700 meter dari permukaan laut.






Anis punggung-merah (Zoothera erythronota) adalah spesies burung dari keluarga Turdidae. Secara tradisional, termasuk Anis MerahZ. mendeni ) sebagai subspesies. Burung ini endemik di Sulawesi Indonesia dan pulau-pulau sekitarnya termasuk Buton dan Kabaena.

Burung ini berukuran 19 sampai 21 cm. Tubuh bagian atas dari mahkota sampai tunggir merah-kadru; sayap hitam dengan dua garis putih yang lebar; pada muka terdapat noktah putih di depan dan belakang mata; tenggorokan dan dada hitam; perut putih berloreng hitam. Sub-spesies kabaena mirip dengan sub-spesies utama, tetapi bagian mahkota dan punggung hitam.

Berkas:Zoothera erythronota - Tangkoko (2).JPG


Anis sulawesi (Cataponera turdoides) adalah spesies burung dalam famili Turdidae. Burung ini endemik di Indonesia dan hanya di temukan di hutan dataran tinggi Pulau Sulawesi di atas ketinggian 1100 meter dari permukaan laut.


Berkas:Cataponera turdoides 1898.jpg


Anis-bentet kelabu (Colluricincla harmonica), sebelumnya dikenal sebagai Anis kelabu, adalah satu dari burung penyanyi yang paling disukai dan paling khas dari Australasia. Burung ini cukup umum di sebagian besar Australia, tapi ia tidak ditemui di gurung pedalaman yang terkering. Ia juga ditemui di Papua Nugini dan Papua


Berkas:Colluricincla harmonica mortimer.jpg



Anis-bentet sangihe (Colluricincla sanghirensis) adalah spesies burung dari keluarga Colluricinclidae. Anis-bentet Sangihe merupakan hewan endemik Indonesia.
Anis-bentet Sangihe memiliki habitat di kawasan Hutan pegunungan dengan iklim subtropik atau tropis lembap. Hewan ini termasuk hewan yang terancam, karena kehilangan habitat.







0 comments:

Post a Comment

Created By Sora Templates